Menulis Buku Ajar


Bismillahirrahmanirrahim

Judul             : Tehnik Menulis Buku Ajar

Resume ke    : 19

Tanggal         : 20  Febuari 2023

Tema              : Menulis Buku Ajar

Narasumber    :  Dr. Mudafiatun Insyirah, M.Pd

Moderator      : Mutmainah

                Berdasarkan tema pada pertemuan ke-19 ini, ada 5 hal penting yang akan dibahas oleh narasumber yaitu : (1) Bahan Ajar Vs Buku Ajar, (2) Pentingnya bahan ajar dalam pembelajaran, (3) Bahan ajar dan buku Hasil penelitian/ Hasil pemikiran, (4) Cara penulisan buku ajar dan (5) Prinsip prinsip penulisan buku ajar

1.     1.  Bahan Ajar Vs Buku Ajar

Bahan Ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar yang dapat berupa bahan tertulis maupun tidak tertulis. Bahan Ajar dapat juga diartikan seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak tertulis sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana yang memungkinkan peserta didik  untuk belajar.

Bahan Ajar terbagi 2 jenis yaitu bahan ajar cetak dan bahan ajar non cetak. Bahan ajar cetak dapat berupa buku teks, buku referensi dan monograf, bahan ajar mandiri atau modul, Panduan atau petunjuk  atau pedoman, Peta atau atlas, diagram atau poster, brosur atau leaflet.  Bahan ajar non cetak terdiri dari Internet atau Web based Courses atau e-learning, CAI atau Pembelajaran berbasis komputer, slide, Video dll

Buku Ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaranyang disusun secara logis dan sistematis dengan bahasa yang lugas, digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (Pannen & Purwanto, 2001)

2.     2.  Pentingnya Bahan Ajar dalam Pembelajaran

Buku ajar penting dalam pembelajaran karena (1). Guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada siswa/mahasiswa, (2).Siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru, (3). Siswa dapat belajar kapanpun dan dimana saja, (4). Siswa tidak terlalu tergantung kepada guru sebagai satu-satunya sumber informasi, dan (5). Siswa dapat belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi.

Keuntungan buku ajar bagi guru/ dosen adalah untuk promosi dan kenaikan pangkat, mendapatkan insentif, finansial Royalti, Eksistensi diri, Media Ekpresi, Branding personal dan institusi, penguatan keilmuan dan lain-lain.

3.      3. Buku Ajar dan Buku Hasil Penelitian / Hasil pemikiran

Perbedaan Buku ajar dengan Buku teks

No

Buku  Ajar

Buku Teks

1

Ditulis atau dirancang untuk siswa/mahaiswa

Ditulis terutama untuk guru, dosen, pembaca umum

2

Menjelaskan tujuan pembelajaran

Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran

3

Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel

Disusun secara linear

4

Strukturnya berdasarkan kompetensi yang ingin dicapai

 

Strukturnya berdasarkan logika ilmu (conten)

 

5

Ada pemberian kesempatan latihan untuk mahasiswa

Belum tentu ada  kesempatan latihan untuk mahasiswa

6

Selalu memberi rangkuman

Belum tentu ada rangkuman

7

Kepadatan berdasarkan kebutuhan siswa

 

8

Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran

Dikemas untuk dijual secara umum

9

Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa

Tidak mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai

10

Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar

Tidak memberi  petunjuk cara mempelajarinya.

 

 

4.               4. Cara Penulisan Buku Ajar

1.      Penataan Informasi

Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah disusun

2.      Pengemasan Kembali

Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPS

3.      Menulis Sendiri

Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu.  

Ada istilah: PROSEDUR KOMPILASI

Kumpulkan seluruh buku, artikel jurnal ilmiah, dan sumber acuan lain yang digunakan dalam mata pelajaran seperti yang tercantum dalam daftar pustaka di RPS.

Tentukan bagian-bagian buku, artikel jurnal ilmiah, dan bagian dari sumber acuan lain yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.

Fotokopi seluruh bagian dari sumber yang digunakan per Bahan Kajian sesuai dengan RPS.

Pilahlah hasil fotocopy tersebut berdasarkan urutan Bahan Kajian yang sesuai dengan RPS.

5.                  5. Prinsip-prinsip pemilihan Buku Ajar

1.      Prinsip Relevansi

Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.

2.      Prinsip Konsistensi/ keajegan

Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam

3.      Prinsip Kecukupan

Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.

 

SISTEMATIKA BUKU AJAR

BAB 1 Pendahuluan

Penyajian

Penutup

Daftar Pustaka

Senarai (glossary)

Tinjauan Mata Pelajaran : Prakata 

֍ Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa

֍ Identitas Mata Kuliah

֍ Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar

֍ Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa

֍ Capaian Pembelajaran Mata kuliahTinjauan Mata Pelajaran : Prakata 

֍ Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa

֍ Identitas Mata Kuliah

֍ Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar

֍ Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa

֍ Capaian Pembelajaran Mata kuliah

BAB I

Kemampuan Akhir

Indikator

Pendahuluan, terdiri dari:

֍ Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentang

     cakupan bab tersebut. 

֍ Relevansi antara bab tersebut dengan pengalaman

     yang telah dimiliki mahasiswa atau manfaat bagi

     mahasiswa.

Penyajian:    

֍ Uraian atau penjelasan materi (sesuai dengan jenis

     materi) dan diikuti dengan contoh-contoh.

֍ Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi.

֍ Tugas dan Latihan yang dilakukan mhs setelah

      membaca uraian materi.

֍ Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang

     dibahas.

Penutup, terdiri dari:  

 ֍ Penilaian, konsisten dengan rumusan indikator dan Kemampuan

      Akhir.

֍ Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya (kunci

      jawaban tes).

֍ Tindak lanjut.

 

Sesi Tanya Jawab

P1

Ibu Umatun Nur Islamiyati,dari Magelang.

Pertanyaan Bagaimana langkah langkah membuat buku ajar yang bermutu?

Maturnuwun

J1

Buku bermutu yg bisa mengukur adalah masing2 guru pengampu mata pelajaran, RPS yg dibuat itu dasarnya, sesuai kurikulum dan saat ini didukung bgmn implementasi dg merdeka belajar itu sangat dibutuhkan saat ini, kolaborasi kurikulum, seni merancang ide2 guru tentunya yg sesuai dg kondisi dan karakter siswa di manan siswa itu berada

Pertanyaan  dari Bapak Hasbi Aprizal

Bagaimana caranya untuk menuliskan sebuah referensi didalam buku ajar ?

 

Jawaban

Tentunya buku referensi ini adalah hasil penelitian yg didukung oleh beberapa temuan sebelumnya yg bisa mendukung hasil penelitian secara ilmiah. kalo referensi berdasakan penelitian kalau buku ajar hasil desain seorang guru dari RPS nya. tentunya adalah guru bisa mengambil cuplikan hasil penelitian atau materi yg sangat menarik di anatara materi yg sdh di siapkan diangkat mjd sebuah buku ajar, ini menarik sekali , seperti buku saya yang  menangtersebut adalah hasil penelitian di kampus karena  menarik saat itu perlu ilmu tentang belajar jarak jauh terutama ilmu BK yaitu bagaimana siswa/mahasiswa memiliki sikap menghormati/menghargai guru/dosen dalam belajar, ini yang saya  angkat dalam buku  tersebut.   Ini namanya buku bernovelty, buku yang ada ruh nya. bpk ibu bisa mengangkat salah satu rancangan yg sdh tersedia ambil salah satunya baru di carikan teori nya, sebagai  bahan referensi terkait keilmuan tersebut. Jadilah buku ajar yang sangat menarik dan sangat dibutuhkan oleh siswa krn guru mengangkat buku tersebut dari pengalaman guru itu sendiri di kelas


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menulis Setiap Hari

Menulis Buku untuk Membangun Karier Guru ASN

Kiat Menulis Cerita Fiksi