Strategi Pemasaran Buku
Bismillahirrahmanirrahim
Judul
: Taktik pemasaran buku
Resume ke :
20
Tanggal
: 22 Febuari 2023
Tema
: Pemasaran Buku
Narasumber :
Moderator
:
Pertemuan
ke-20 pada Kelas Belajar Menulis Nusantara gelombang 28 berlangsung secara
daring selama 2 jam. Kegiatan malam ini akan dibersamai oleh para ahlinya yaitu
Bapak Agust. Subardana, S.E, M.M sebagai narasumber dan Bu Purbaniasita sebagai
moderator.
Dalam
pembukaannya moderator meneguhkan kembali bahwa semua orang akan akan mati
kecualim karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu kelak
di akhirat (Ali Bin Abi Thalib).
Tujuan
menulis adalah untuk menghasilkan karya buku yang akan disajikan kepada para
pembaca. Secara otomatis penulis harus paham sajian yang diminati oleh
masyarakat. Tidak mudah membidik selera konsumen dari berbagai kalangan. Ada
strategi khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar
dinikmati sebagai menu yang sangat dibutuhkan.
Narasumber
menyapa peserta pelatihan dengan sebuah pantun
Singgah sebentar di rumah kerabat
Meminta buah apel dan pisang banana
Untuk hadirin bapak ibu yang hebat
Salam hormat dari saya Agust Subardana
Jangan ngebut kalau naik sepeda motor
Dari kota Jogja membawa buah mengkudu
Terimakasih kepada moderator
Izinkan saya menyampaikan Strategi Pemasaran buku
Buku
merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses
pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak-anak
telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam
terbitan buku. Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan
minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong
kegiatanmembaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun
budaya membaca sejak dini.
Dalam
rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup
dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran
biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan
bisnis. Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek
dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang
di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan
menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku
cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku
Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri,
Buku Teks , dll ).
Ada
2 strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu
perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu
demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Strategi
Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu
Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan
Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas.
Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On
Line )
a. Pemasaran buku lewat
Online
Saat terjadi pendemi Covid 19 melanda dunia , mau gak mau kita
dalam dunia bisnis harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti
sekarang ini, bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan
zaman dan juga keinginan customer maka akan dipastikan usaha tidak sebaik dulu.
Ketika kita ingat di zaman dulu iklan dengan brosur dan baliho besar ada dimana
mana, sekarang cara mengiklan ataupun kampanye jauh lebih mudah. Kenapa bisa
lebih mudah?Karena dengan adanya internet membawa perkembangan yang signifikan
bagi kehidupan kita.
Jenis-jenis digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI
Offset terapkan antara lain :
- Content
marketing adalah salah satu jenis
digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk
target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari
calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog,
podcast, infografik, dan lainnya.
- . Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.
- Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.
- . Social
media marketing memanfaatkan berbagai
platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa
menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti
Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
Kadang - kadang supaya
lebih menarik Salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan
oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana
promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya
anak muda. Apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan
media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah.
5. 5. Email Marketing. strategi marketing yang satu ini menggunakan
media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.
6 . Instant messaging marketing bisa
menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk
secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa
memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform
messenger lainnya.
7. 7. Influencer
Marketing . Kehadiran influencer
membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih
tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang
influencer.
8. 8. Video
marketing untuk melengkapi
strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu
media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
9. Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube
Nama Chanel Youtube TV. ANDI AKADEMI,
Pemasaran melalui channel Youtube juga
dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama
di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui
layanan live streaming.
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus
terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
-Menyebarkan informasi produk secara masif
kepada target pasar potensial
-Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan
konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
-Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi
pasar lagi lesu
-Menaikkan penjualan dan profit
-Membandingkan dan keunggulan produk
dibandingkan dengan pesaing
-Membentuk citra produk dibenak mata konsumen
sesuai dengan yang diinginkan
-Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat
konsumen
B. Strategi pemasaran buku
serangan Darat (OF LINE )
1. Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan
mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku
di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko
buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi
Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan
tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang
berbeda.
Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
2. Direct
Selling / Kunjungan Langsung
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita
petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori
buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar
yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan
buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata
kualiah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum. Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales).
3. Melakukan
Event – Event
Aktive dalam melakukan event – event seperti event Pameran buku, dalam seminar,
workshop, Tryout, dan sebagainya.
Komentar
Posting Komentar